follow me for get something special from me

Wednesday, 10 September 2014

MAKALAH ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DI RW VI KELURAHAN TANAH SAREAL KECAMATAN TANAH SAREAL BOGOR



KATA PENGANTAR

            Puji dan syukur kami panjatkan kepada Allah swt, yang telah memberikan rahmat dan hidayahNya kepada kelompok kami untuk dapat melaksanakan dan menyelesaikan Praktik Belajar Lapangan Perawatan Komunitas di Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan tanah Sareal Kota Bogor. Dari tanggal 14 Mei 2007 sampai dengan 16 juni 2007.
            Makalah ini merupakan laporan dari hasil kegiatan tersebut di atas, yang mana baik dalam pelaksanaan kegiatan di lapangan maupun pembuatan makalah tidak lepas dari kesulitan-kesulitan yang harus kami lalui, namun alhamdulillah berkat bimbingan baik dari pembimbing dari prodi maupun dari lapangan dan bantuan dari berbagai pihak yang terkait juga kekompakan kami, maka kami dapat menyelesikannya walaupun masih sangat jauh untuk mencapai kesempurnaan. Untuk itu kami ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang kami sebutkan di atas.
            Harapan kami semoga makalah yang kami buat dan ilmu yang kami dapat akan menjadi manfaat khususnya bagi kami dan umumnya bagi pembaca, tak lupa juga kami mengharap kritik dan saran sebagai evaluasi bagi kami atas segala kekurangannya, untuk perbaikan kami di masa yang akan datang.


Bogor, 19 Mei 2007

                                                                                                 Kelompok V

DAFTAR ISI

BAB I
PENDAHULUAN

  1. Latar Belakang
      Pembangunan kesehatan bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, kemauan, dan kemampuan hidup sehat bagi setiap orang agar terwujud derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Pembangunan kesehatan diarahkan utnuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia serta kualitas kehidupan dan meningkatkan usia harapan hidup, meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat, mempertinggi kesadaran akan pentingnya hidup sehat.
      Di dalam sistem kesehatan nasional (SKN) ditegaskan bahwa penyelenggaraan kesehatan diatur oleh pemerintah dilakukan secara serasi dan seimbang oelh pemerintah dan masyarakat serta dilaksanakan melalui upaya peningkatan dan pecegahan yang dilakukan secara terpadu dengan upaya penyembuhan dan pemulihan yang diperlukan (Depkes RI 1989).
      Untuk mencapai tujuan pembangunan bidang kesehatan pelayanan kesehatan di puskesmas merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari sistem pelayanan kesehatan secara umum yang memerlukan perhatian seksama.
      Puskesmas merupakan institusi atau tempat pelayanan kesehatan terhadap individu, keluarga dan masyarakat dengan inti pelayanan medik dasar. Sebagai suatu institusi, puskesmas memberikan pelayanan dalam upaya pengobatan dan pnyembuhan klien dari penyakit sehingga akhirnya didapat kondisi yang sehat dan terbebas dari penyakit.
      Puskesmas Tanah Sareal sebagi salah satu puskesmas yang ingin mendukung Bogor kota sehat 2006 mmepunyai suatu pandangan ke depan untuk lebih meningkatkan hasil pelayanan ylang dapat memberikan kepuasan kepada pelanggan, lebih meningkatkan kerja sama dengan lintas sektor terkait dan swasta untuk mewujudakan pembangunan berwawasan kesehatan dan meningkatkan peran serta masyarakat di wilayah kelurahan Tanah Sareal. Untuk itu diperllukan kreativitas, inovasi dan terobosan dengan harapan terwujudnya pelayanan kesehatan prima sehingga dapat berperan dalam mendukung Bogor Sehat tahun 2006.
      Peningkatan peran serta masyarakat dalam plembangunan kesehatan merupaklan suatu proses dimana individu, keluarga dan lembaga kemasyarkatan termasuk swasta akan mengambil tanggung jawab atas kesehatan diri, keluarga dan masyarakatnya menjadi pelaku/perintis kesehatan dan pemimpin yang menggerakkan kegiatan masyarakat di bidang kesehatan, berdasarkan azas kemandirian.
      Melihat fenomena masyarakat indonesia saat ini khususnya masyarakat pedesaan, berbagai hal yang menyangkut kesehatan masyarakat dipandang sebagai hal yang kurang diperhatikan di samping kurngnya pengetahuan tentang kesehatan.
      Masalah kesehatan di komunitas tersebut misalnya kesehatan lingkungan, kesehatan bayi/balita, lansia, dan sebagainya. Oleh sebab itu, penting untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaan masyarakat melalui pelaksanaan praktik komunitas Kebon Anggrek RW V Kelurahan Tanah Sareal sehingga masalah dapat teridentifikasi dan bersama peran serta masyarkat diharapakan maslah masyarakat dapat diatasi dan meningkatkan kemandirian masyarakat.
      Praktek komunitas tersebut dilaksanakan mulali tanggal 14 mei 2007 sampai dengan 16 juni 2007 di RW V Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal, praktek ini menggunakan pendekatan komunitas, keluarga dan gerontik.
      Pendekatan kepada keluarga sebagai entry point kegiatan perawatan komunitas, dilakukan masing – masing mahasiswa membina keluarga binaan dengan masalah aktual, resiko maupun potensial, termasuk didalamnya keluarga TB paru, Atsma, Gizi buruk, gangguan pertumbuhan dan perkembangan, ISPA, dll. Sedangkan pendekatan kepada masyarakat dilakukan analisa data yang ada untuk mengidentifikasi masalah utama yang ada di wilayah RW V Kelurahan Tanah Sereal  Kecamatan Tanah Sareal Bogor.
      Setelah teridentifikasi masalah kesehatan utama masyarakat RW V mahasiswa melakaukan implementasi untuk masalah yang ditemukan. Pelaksanaan prsltek komunitas selalu diupayakan deseminasi ilmu pengetahuan dari mahasiswa kepada masyarakat.
      Dalam r4angka deseminasi ilmu pengetahuan komunitas ini dilaksanakan penyuluhan kesehatan, pergerakkan massa, penyebaran leafleat sebagai strategi utama dalam memberi bekal pengetahuan danb keterampilan kepada masyarakat dalam mengatasi berbagai masalah kesehatan yang ada dan dirasakan di masyarakat.

  1. Tujuan Penulisan
1.       Tujuan Umum
      Mengaplikasikan konsep-konsep dalam mata ajaran komunitas yang didapat selama perkuliahan guna meningkatkan kemampuan mahasiswa dalam memberikan asuhan keperawatan komunitas.
2.       Tujuan Khusus
Setelah melakukan praktek keperawatan keluarga diharapkan mahasiswa mampu :
a.       Mengidentifikasi masalah kesehatan yang ada di wilayah RW V Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor.
b.       Menganalisa masalah kesehatan yang ada di wilayah RW V Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor.
c.       Menyusun rencana tindakan (POA) yang berhubungan dengan asalah kesehatan yang ada di wilayah RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor.
d.      Melaksanakan kegiatan bersama-sama dengan masyarakat untuik mengatasi masalah kesehatan yang ada di wilayah RW V Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor.
e.       Mengevaluasi hasil kegiatan selanjutnya untuk menyususn rencana tindak lanjut terhadap hal-hal yang dirasa perlu bersama masyarakat.
f.        Mendokumentasikan dan melaporkan hasil kegiatan selama praktek keperawatan komunitas di wilayah RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor.
BAB II
GAMBARAN UMUM PUSKESMAS TANAH SAREAL KOTA BOGOR

  1. Visi, Misi Puskesmas Tanah Sareal Bogor
1.       Visi Puskesmas Tanah Sareal Bogor


2.       Misi Puskesmas Tanah Sareal Bogor


  1. Gambaran Wilayah Kerja


  1. Stuktur Organisasi


  1. Program Kerja
1.       Program kerja yang dilaksanakan di Puskesmas Tanah Sareal Bogor, terdiri atas :
a.       Kegiatan pokok puskesmas, meliputi :
1)      Gizi
2)      Pengobatan
3)      Promosi kesehatan
4)      Kesehatan lingkungan
5)      Kesehatan ibu, anak dan keluarga berencana
6)      Pencegahan dan pemberantasan penyakit menular

b.       Program tambahan
1)      Usaha kesehatan sekolah
2)      Usaha kesehatan lanjut usia
3)      Kesehatan jiwa
4)      Perawatan kesehatan masyarakat
5)      Pelayanan kesehatan peduli masyarakat
6)      Laboratorium sederhana
7)      Usaha kesehatan gigi dan mulut
8)      S

2.       Kegiatan pelayanan puskesmas
a.       Pelayanan dalam gedung
1)      Pelayanan rawat jalan
§  Pelayanan pengobatan umum
§  Pelayanan kesehatan gigi dan mulut
§  Pelayanan konsultasi remaja (PKPR)
§  Pelayanan pemeriksaan kesehatan
§  Pelayanan laboratorium sederhana
§  Pelayanan KIA
§  Pelayanan KB
§  Pelayanan konsultasi gizi
§  Pelayanan rujukan
§  Pelayanan MTBS-MTBM

2)      Pelayanan rawat inap
§  Ibu bersalin dan bayi baru lahir
3)      Pelayanan gawat darurat

b.       Pelayanan luar gedung
1)      Kunjungan
2)      Kunjungan
3)      Kunjungan
4)      Kunjungan
5)      Kunjungan


  1. Pelaksanaan Kegiatan Mahasiswa
1.       Melaksanakan pengkajian data bersama ibu RT serta ibu-ibu kader.
2.       Melakukan tabulasi data yang telah didapatkan.
3.       Menjadi fasilitator bagi masyarakat untuk menganalisa data.
4.       Menjadi fasilitator bagi masyarakat dalam menentukan prioritas masalah.
5.       Menentukan diagnosa keperawatan komunitas.
6.       Menjadi fasilitator bagi masyarakat dalam merencanakan tindakan keperawatan komunitas.
7.       Melakukan penyuluhan kesehatan
8.       Mengevaluasi pelaksanaan rencana intervensi dan respon dari hasil penyuluhan yang diberikan.




















BAB III
ASUHAN KEPERAWATAN KOMUNITAS DI RW VI KELURAHAN TANAH SAREAL KECAMATAN TANAH SAREAL BOGOR

Usaha kesehatan masyarakat selalu mengikutsertakan keluarga sebagai unit terkecil dalam masyarakat dimana keberadaannya memberikan ciri atau gambaran dari suatu wilayah tertentu.
A.     Persiapan
1.       Persiapan Masyarakat
Berupa kegiatan untuk mengenal karakteristik masyarakat secara langsung di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor. Untuk persiapan masyarakat dilakukan melalui pendekatan kepada ketua RW, tokoh masyarakat, kader dan tokoh karang taruna untuk menyampaikan maksud dan tujuan praktek keperawatan komunitas dan strategi yang akan dilakukan.

2.       Persiapan Teknis
      Pertemuan dengan petugas puskesmas tanah sareal dan petugas kelurahan pada tanggal 14 Mei 2007 yang bertujuan untuk memperkenalkan antara mahasiswa Prodi Keperawatan Bogor dengan pembimbing puskesmas tanah sareal dan petugas kelurahan.

B.     Pelaksanaan
1.       Pengkajian
Pendataan masyarakat dilaksanakan di RW VI yang terdiri dari 3 RT. Dari 3 RT tersebut berjumlah……………….KK. Namun hasil kuesioner yang terkumpul sebanyak……………….KK, karena pada saat dilakukan pendataan ada beberapa warga yang menolak untuk dilakukan pendataan / pengkajian.


a.       Data inti
1)      Batas wilayah
Batas wilayah RW I dari sebelah utara berbatasan dengan………. Sebelah selatan berbatasan dengan…………, sebelah timur berbatasan dengan…………….dan sebelah barat berbatasan dengan…………………..
Jumlah penduduk RW VI kelurahan tanah sareal kecmatan tanah sareal berjumlah…………….orang dengan…………KK terdiri drai 3 RT. Berdasarkan hasil surveymahasiswa prodi keperawtan bogor yang dilaksanakan pada tanggal 17 Mei 2007 sampai dengan tanggal 20 Mei 2007 dengan menggunakan angket didapatkan distribusi data sebagai berikut :


Tabel 1.1
Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Kelamin Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No
Jenis Kelamin
Jumlah
%
1
Laki-laki
225
49%
2
Perempuan
237
51%

Total
462
100%






Tabel 1.2
Jumlah Penduduk Berdasarkan Golongan Umur Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Golongan Umur (Tahun)
Jumlah
%
1
0 - <1
8
2%
2
1 - <5
34
7%
3
5 - <12
61
13%
4
12 - <21
71
15%
5
21 - <44
187
40%
6
44 - <60
69
15%
7
>60
32
7%

Total
462
100%



Tabel 1.3
Jumlah Penduduk Berdasarkan Tingkat Pendidikan
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Pendidikan
Jumlah
%
1
TK
4
0.9%
2
SLB
1
0.2%
3
SD
103
22.3%
4
SMP
86
18.6%
5
SMA
183
39.6%
6
AKADEMI/PT
40
8.7%
7
Tidak Sekolah
10
2.2%
8
Belum Sekolah
35
7.6%

Total
462
100%



Tabel 1.4
Jumlah Penduduk Berdasarkan Jenis Pekerjaan
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Jenis Pekerjaan
Jumlah
%
1
Wiraswasta
71
22%
2
PNS
10
3%
3
Pensiunan
7
2%
4
Pegawai Swasta
47
15%
5
Buruh
23
7%
6
Jasa Lain
20
6%
7
Tidak Bekerja
139
44%

Total
317
100%



Tabel 1.5
Jumlah Penduduk Berdasarkan Tingkat Penghasilan
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Penghasilan
Jumlah
%
1
<500.000
20
18%
2
500.000-1.000.000
62
57%
3
>1.000.000
27
25%

Total
109
100%


Tabel 1.6
Jumlah Bayi Yang Mendapatkan Imunisasi Lengkap
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Imunisasi
Jumlah
%
1
lengkap
6
75%
2
tidak lengkap
2
25%

Total
8
100%

Tabel 1.7
Jumlah Bayi Yang Diberi ASI
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No
Bayi Diberi ASI
Jumlah
%
1
Ya
8
100%
2
Tidak
0
0%

Total
8
100%



Tabel 1.8
Jumlah Bayi Yang Diberi PASI
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Bayi Yang Diberi PASI
Jumlah
%
1
Ya
4
50%
2
Tidak
4
50%

Total
8
100%

Tabel 1.9
Jumlah Keteraturan Balita Yang Berkunjung Ke Posyandu
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Berkunjung
Jumlah
%
1
Ya
32
94%
2
Kadang-kadang
1
3%
3
Tidak
1
3%

Total
34
100%


Tabel 1. 10
Jumlah Kegiatan Yang Dilakukan Remaja Di Waktu
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Jenis Kegiatan
Jumlah
%
1
Olah raga
18
30%
2
Pengajian
24
39%
3
Tidak ada kegiatan
19
31%

Total
61
100%

Tabel 1.11
Jumlah Pemeriksaan Kehamilan Pada Ibu Hamil
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
ANC
Jumlah
%
1
Ya
2
67%
2
Tidak
1
33%

Total
3
100%


Tabel 1.12
Jumlah Ibu Hamil Yang Diberi Imunisasi TT
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Imunisasi TT
Jumlah
%
1
Ya
2
67%
2
Tidak
1
33%

Total
3
100%

Tabel 1.13
Jumlah Ibu Hamil Yang Mendapat Tablet Penambah Darah
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Tablet Fe
Jumlah
%
1
Ya
2
67%
2
Tidak
1
33%

Total
3
100%


Tabel 1.14
Jumlah Ibu Menyusui Yang Melakukan Perawatan Payudara
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Melakukan Breast Care
Jumlah
%
1
Ya
24
96%
2
Tidak
1
4%

Total
25
100%

Tabel 1.15
Jumlah Pasangan Usia Subur Yang Menjadi Akseptor KB
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Jenis KB
Jumlah
%
1
IUD
4
7%
2
MOW
3
5%
3
MOP
1
2%
4
Kondom
0
0%
5
Implant
0
0%
6
Suntik
31
52%
7
Pil
9
15%
8
Tidak KB
12
20%

Total
60
100%




Tabel 1.16
Jumlah Lansia Yang Mempunyai Makanan Pantang
Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No.
Melakukan PANTANGAN
Jumlah
%
1
Ya
16
37%
2
Tidak
27
63%

Total
43
100%




Tabel 1.17
Jumlah Rumah Tinggal Warga Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No
Rumah Tinggal
Jumlah
%
1
permanen
68
62%
2
semi permanen
23
21%
3
separuh kayu/gedek
19
17%
4
seluruh kayu/gedek
0
0%

Total
110
100%




Tabel 1.18
Jumlah Ventilasi Di Dalam Rumah Warga Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
No
Ventilasi
Jumlah
%
1
banyak lubang angin dan jendela terbuka
55
50%
2
lubang angin/jendela kecil
39
35%
3
ada jendela tetapi tertutup
16
15%

Total
110
100%


Tabel 1.19
Jumlah Pencahayaan Di Dalam Rumah Warga Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
no
cahaya
Jumlah
%
1
dapat membaca tulisan
93
85%
2
samar-samar
17
15%

Total
110
100%

Tabel 1.20
Jumlah Penerangan Di Dalam Rumah Warga Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
no
penerangan
Jumlah
%
1
listrik
110
100%
2
lampu minyak
0
0%

Total
110
100%



Tabel 1.21
Jumlah Kebersihan Rumah Warga Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
no
kebersihan rumah
Jumlah
%
1
serba bersih & teratur
101
92%
2
kotor acak-acakan & berdebu
9
8%

Total
110
100%


Tabel 1.22
Jumlah Lantai Di Rumah Warga RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007

no
lantai rumah
Jumlah
%
1
plester
109
100%
2
tanah
1
0%

Total
110
100%



Tabel 1.23
Jumlah  Sumber Air Bersih Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007

no
sumber air bersih
Jumlah
%
1
PAM
67
55%
2
sumur pompa/sanyo
28
23%
3
sumur gali/timba
10
8%
4
penampungan mata air
0
0%
5
air sungai/kali
0
0%
6
MCK umum
17
14%
7
sumur pompa tangan
0
0%

Total
122
100%


Tabel 1.24
Jumlah  Tempat Penampungan Air Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
no
tempat penampungan air
Jumlah
%
1
bersih & tidak ada jentik nyamuk
105
95%
2
berlumut & ada jentik nyamuk
5
5%

Total
110
100%


Tabel 1.25
Jumlah  Frekuensi Menguras Tempat Penampungan Air Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
no
frekuensi menguras bak air
Jumlah
%
1
< dari 1 minggu sekali
59
54%
2
> dari 1 minggu
51
46%
3
tidak pernah
0
0%

Total
110
100%




Tabel 1.26
Jumlah  Tempat Pembuangan Limbah Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007
no
pembuangan air limbah
Jumlah
%
1
SPAL/sistem peresapan tertutup
18
16%
2
selokan dibuang ke kali
85
77%
3
selokan dibuang sembarangan
7
6%

Total
110
100%



Tabel 1.27
Jumlah  Tempat Pembuanagn Tinja Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007

no
Pembuangan Tinja
Jumlah
%
1
Pakai WC angsa latrine dengan septi tank
43
39%
2
cubluk
3
3%
3
plengsengan
47
43%
4
WC Umum
5
5%
5
Kali/Sungai
12
11%

Total
110
100%





Tabel 1.28
Jumlah  Tempat Pembuangan Sampah Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007

no
Pembuangan sampah
Jumlah
%
1
Dikumpulkan dan dibakar
2
2%
2
dikumpulkan dan ditimbun
0
0%
3
dibuang ke TPS Pribadi
5
4%
4
Diangkut ke TPS
99
84%
5
Dibuang ke kali
12
10%

Total
118
100%


Tabel 1.29
Jumlah Penyakit Terbesar Di RW VI Kelurahan Tanah Sareal Kecamatan Tanah Sareal Bogor Bulan Mei 2007

no
10 penyakit terbesar
Jumlah
%
1
ISPA
59
55%
2
DM
6
6%
3
Kulit
1
1%
4
Hipertensi
20
19%
5
Asma
5
5%
6
Demam
3
3%
7
Batuk kronik
2
2%
8
Diare
5
5%
9
DHF
1
1%
10
Rematik
6
6%

Total
108
100%



2)      Analisa Data
No
Data
Masalah
1.
§ Status kesehatan keluarga (angket)
ü  Terdapat penyakit ISPA sebanyak 59 orang (55 %)
§ Data hasil observasi
ü  Jumlah penduduk yang padat
ü  Ventilasi rumah banyak yang belum memenuhi syarat kesehatan, rumah dengan ada lubang angin jendela kecil 39 rumah (35%) dan rumah dengan ada jendela tapi tretutup 16 rumah (15 %)
ü  Adanya tempat pemotongan hewan dan PU
ü  SPAL sistem peresapan tertutup 18 rumah (16%)
ü  Pembuangan limbah selokan dibuang ke kali 85 rumah (77 %)
ü  Pembuangan limbah di buang selokan sembarangan.
ü  Pembuangan tinja Pakai WC angsa latrine dengan septi tank 43 rumah (39%)
ü  Cubluk 3 rumah ( 3 %)
ü  Plengsengan 47 rumah ( 43%)
ü  WC Umum 5 rumah (5%)
ü  Kali atau sungai 12 rumah (11 %)
ü  Pembuangan sampah Dikumpulkan dan dibakar 2 rumah (2%)
ü  Pembuangan sampah dibuang ke TPS Pribadi 5 rumah (4 %)
ü  Pembuangan sampah Diangkut ke TPS 99 rumah (84 %)
ü  Pembuangan sampah di buang ke kali 12 rumah ( 10%)
§ Data hasil wawancara
ü  Keluarga mengatakan belum tahu cara merawat penderita ISPA
ü  Keluarga mengatakan sejak ada PU sering terkena penyakit ISPA
Resiko terjadinya peningkatan penyakit ISPA di RW VI kelurahan Tanah Sareal
2.
§ Status kesehatan keluarga (anket)
§ Data hasil observasi
ü  ISPA 59 orang (55%)
ü  DM 6 orang (6%)
ü  Kulit 1 orang ( 1%)
ü  Hipertensi 20 orang (19 %)
ü  Asma 5 orang (5 %)
ü  Demam 3 orang (3%)
ü  Batuk kronik 2 orang ( 2%)
ü  Diare 5 orang (5%)
ü  DHF 1 orang (1 %)
ü  Rematik 6 orang (6%)
ü  Lansia yang mempunyai pantangan makanan 16 orang (37%)
ü  Lansia yang tidak mempunyai pantangan 27 orang (63%)
ü  Jumlah lansia 44 - <60 69 orang ( 15 %)
ü   Jumlah lansia >60: 32 orang ( 7 %)
ü  Tidak tampak adanya POSBINDU
ü  Banyak Lansia yang mempunyai Hipertensi dan rematik
ü  Banyak lansia yang hanya tinggal di rumah dan tidak ada kegiatan
§ Data hasil wawancara
ü  Lansia mengatakan tidak pernah olah raga
ü  Lansia mengatakan tidak pernah kontrol penyakit ke fasilitas kesehatan
Resiko terjadinya penurunan derajat kesehatan lansia di RW VI kelurahan Tanah Sareal
3.
§ Status kesehatan keluarga (angket)
ü  Rumah dengan pembuangan tinja ke WC angsa latrine dengan septi tank 43 rumah (39%)
ü  Rumah dengan pembuangan tinja ke Cubluk 3 rumah ( 3 %)
ü  Rumah dengan pembuangan tinja ke Plengsengan 47 rumah ( 43%)
ü  Rumah dengan pembuangan tinja  ke WC Umum 5 rumah (5%)
ü  Rumah dengan pembuangan tinja ke kali atau sungai 12 rumah (11 %)
§ Data hasil observasi
ü  Tampak pembuangan tinja, limbah rumah tangga sampah ke kali
ü  Sungai / kali tampak kotor dan berbau
§ Data hasil wawancara
ü  Keluarga mengatakan tidak mempunyai tanah dan uang untuk membuat septik tank
ü  Keluarga mengatakan tidak tahu penyakit yang timbul akibat pencemaran lingkungan

Resiko terjadinya peningkatan penyakit akibat kesehatan lingkungan yang buruk di RW VI kelurahan Tanah sareal
4.
§ Status kesehatan keluarga (angket):
ü  PUS yang menggunakan KB IUD 4 orang (7 %)
ü  PUS yang menggunakan KB MOW 3 orang (5 %)
ü  PUS yang menggunakan KB MOP 1 orang (2 %)
ü  PUS yang menggunakan KB Suntik 31 orang (52 %)
ü  PUS yang menggunakan KB Pil 9 orang (15 %)
ü  PUS yang tidak menjadi akseptor KB 12 orang (20 %)
ü  Jumlah PUS usia 21-44 tahun 187 orang (40 %)
§ Data hasil wawancara :
ü  Keluarga mengatakan malas untuk ber-KB karena suaminya jarang pulang
ü  Keluarga mengatakan tidak mempunyai uang untuk ber-KB
Resiko terjadinya peningkatan jumlah penduduk di RW VI kelurahan Tanah sareal












3)      Prioritas Masalah Kesehatan
No
Masalah kesehatan
A
B
C
D
E
F
G
H
I
J
K
L
jumlah
1.
Resiko terjadinya peningkatan penyakit ISPA di RW VI kelurahan Tanah Sareal
5
5
4
3
3
4
3
3
2
4
3
3
45
2.
Resiko terjadinya penurunan derajat kesehatan lansia di RW VI kelurahan Tanah Sareal
5
3
2
2
3
4
4
2
2
3
3
3
36
3.
Resiko terjadinya peningkatan penyakit akibat kesehatan lingkungan yang buruk di RW VI kelurahan Tanah sareal
4
4
3
2
3
3
3
2
2
3
2
2
33
4.
Resiko terjadinya peningkatan jumlah penduduk di RW VI kelurahan Tanah sareal
4
3
4
3
4
4
3
4
2
3
3
3
40

Keterangan :
A.     Risiko terjadi
B.     Risiko parah
C.     Potensial untuk pensisikan kesehatan
D.     Minat masyarakat
E.      Mungkin diatasi
F.      Sesuai program
G.     Tempat
H.     Waktu
I.        Dana
J.        Fasilitas kesehatan
K.     Sumber daya
L.      Sesuai peran perawat
Keterangan Pembobotan :
1 = Sangat rendah
2 = Rendah
3 = Cukup
4 = Tinggi
5 = Sangat tinggi



4)      S
5)       
b.       D
c.       D
d.      D
e.       d
2.       s
3.       sss
4.        






Post a Comment