ASUHAN KEPERAWATAN LANSIA PADA Ny.U DENGAN ASTHMA
BRONCHIALE DI RT 02/RW 05 DESA CIBODAS
KECAMATAN LEMBANG KABUPATEN BANDUNG
I.
PENGKAJIAN
A.
Struktur dan Sifat Keluarga
1.
Struktur Keluarga
Nama Kepala Keluarga :
Ny. U
Umur : 70 th
Pendidikan : Tidak Sekolah
Agama : Islam
Suku Bangsa : Sunda
Pekerjaan : -
Alamat : Kp. Wangisakerta RT 02/05 Cibodas
Status : Janda
Jenis Kelamin : Perempuan
Tanggal Pengkajian : 28-04-2006
2.
Status kesehatan
Sejak + 2 bulan yang lalu klien
mengeluh merasa dadanya terasa sesak. Sesak yang dirasakan seperti tertimpa
benda berat. Keadaan ini bertambah berat apabila klien melakukan aktivitas
berat dan berkurang apabila klien beristirahat.
3.
Riwayat kesehatan dahulu
Klien mengatakan sebelumnya
mempunyai riwayat penyakit Bronkhitis, hipertensi, reunatik dan maag.
Tetapi klien belum pernah dirawat di Rumah sakit akibat penyakit tersebut.
Apabila klien sakit, keluarga membawanya kontrol ke dokter praktek.
4. Riwayat kesehatan keluarga
Klien mengatakan di dalam keluarganya
tidak ada yang menderita penyakit menular maupun penyakit keturunan. Dalam
keluarganya pun tidak ada yang menderita penyakit yang sama seperti yang
diderita oleh klien.
B.
Pengkajian Psikososial
1.
Psikososial
Ny. U melewati hari-harinya didalam
rumah, menyadari dan memahami fungsi peran sebagai kepala keluarga berhak untuk
mengatur segala kehidupannya.
2.
Identifikasi
Dalam setiap permasalahan Ny.U selalu
mendiskusikannya dengan keluarga. Ny. U selalu mengikuti apa yang disepakati.
3.
Spiritual
Ny U beragama Islam dan selalu taat
dalam beribadah dan berdoa untuk kesembuhannya.
C.
Pengkajian Psikologis
1.
Emosi
Emosi Ny.U nampak stabil dimana bila
ada sesuatu permasalahannya Ny. U selalu membicarakan dengan anak-anaknya.
2.
Konsep Diri
a.
Harga diri
Klien merasa kurang mampu karena sering sakit sehingga
merasa malu karena sering merepotkan anggota keluarganya.
b.
Identitas diri
Klien adalah seorang kepala keluarga yang merasa harus
mengatur segala kehidupannya.
c.
Peran
Saat ini Ny. U sebagai kepala keluarga tetapi tidak
mengikuti organisasi dilingkungannya.
d.
Gambaran diri
Ny. U mengatakan menyukai seluruh bagian tubuhnya dan
menyadari akan kekurangnya dirinya. Ny I pun menyadari dan menerima semua
perubahan yang ada pada dirinya.
e.
Ideal diri
Ny.U ingin sembuh dari penyakitnya
Pola Komunikasi
Dalam sehari-hari Ny.U mengalami
kesulitan dalam berinteraksi dengan masyarakat sekitarnya.
3.
Pola Interaksi
Dalam kesehariannya Ny.U mengakui tidak
mengalami kesulitan dalam berinteraksi dengan masyarakat sekitarnya.
4.
Pola Pertahanan Diri
Dalam mengalami suatu permasalahan Ny.U
pasrah dan menyerahkannya pada yang kuasa.
D.
Pengetahuan Keluarga Tentang pertumbuhan dan Perkembangan Keluarga
Ny.Umemahami bahwa manusia akan berkembang menjadi tua
begitupun tentang anaknya yang seharunya dapat meneruskan anak sekolah namun
karena keterbatasan ekonomi tidak dapat meneruskan sekolahnya.
E.
Harapan Keluarga Terhadap Kesehatan
Keluarga Ny.U berharap agar penyakitnya cepat sembuh dan
berharap agar keluarganya selalu sehat. Ny.U juga berharap agar petugas
kesehatan datang secara rutin ke daerahnya sehingga dapat mengontrol
kesehatannya sehingga klien dapat beraktifitas seperti biasanya.
F.
Pemeriksaan Fisik
Dari pemeriksaan fisik terhadap
Ny. U dengan prinsip pemeriksaan fisik “Head To toe”, didapatkan :
Keadaan umum :
1.
Kesadaran : Compos metis
2.
TTV : TD : 140/90 mmHg
N : 80x/menit
R : 30x/menit
S
: 36 0C
G.
Pengkajian Fisik Klien Lansia
Identitas Diri
Nama Lansia : Ny. U
Umur : 70 th
Pendidikan : Tidak Sekolah
Agama : Islam
Status Perkawinan : Janda
Jenis Kelamin : Perempuan
Alamat : Kp. Wangisakerta RT 02/05 Cibodas
Tanggal
Pengkajian : 28-04-2006
NO
|
KEPALA
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
1
|
Sakit kepala
|
|
√
|
|
2
|
Riwayat trauma
|
|
√
|
|
3
|
Pusing-pusing
|
|
√
|
|
4
|
Gatal kulit kepala
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
MATA
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
1
|
Perubahan penglihatan
|
√
|
|
Usia
|
2
|
Kaca mata
|
|
√
|
|
3
|
Air mata berlebihan
|
|
√
|
|
4
|
Pruritus
|
|
√
|
|
5
|
Bengkak
|
|
√
|
|
6
|
Diplohia
|
|
√
|
|
7
|
Pandangan kabur
|
√
|
|
Usia
|
8
|
Fotophobia
|
√
|
|
Usia
|
9
|
Riwayat infeksi
|
|
√
|
|
NO
|
TELINGA
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
1
|
Perubahan pendengaran
|
√
|
|
Usia
|
2
|
Keluaran
|
|
√
|
|
3
|
Teritus
|
|
√
|
|
4
|
Vertigo
|
|
√
|
|
5
|
Sensitifitas pendengaran
|
|
√
|
|
6
|
Riwayat infeksi
|
|
√
|
|
7
|
Alat-alat protesa
|
|
√
|
|
NO
|
MULUT DAN TENGGOROKAN
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
1
|
Sakit tenggorok
|
|
√
|
|
2
|
Nyeri ulkus
|
|
√
|
|
3
|
Sesak
|
√
|
|
Asthma
|
4
|
Perubahan suara
|
|
√
|
|
5
|
Perdarahan gusi
|
|
√
|
|
6
|
Carries
|
|
√
|
|
NO
|
LEHER
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
|||
1
|
Kekakuan
|
|
√
|
|
|||
2
|
Nyeri
|
|
√
|
|
|||
3
|
Benjolan atau massa
|
|
√
|
|
|||
4
|
Keterbatasan gerak
|
√
|
|
Usia
|
|||
|
|
|
|
|
|||
NO
|
SISTEM SARAF PUSAT
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
|||
1
|
Sakit kepala
|
|
√
|
|
|||
2
|
Kejang
|
|
√
|
|
|||
3
|
Sinkop
|
|
√
|
|
|||
4
|
Paralisis
|
|
√
|
|
|||
5
|
Paresis
|
|
√
|
|
|||
6
|
Masalah koordinasi
|
|
√
|
|
|||
7
|
Tremor atau spasme
|
|
√
|
|
|||
8
|
Parestesia
|
|
√
|
|
|||
9
|
Cedera kepala
|
|
√
|
|
|||
10
|
Masalah memory
|
√
|
|
Usia
|
|||
|
|
|
|
|
|||
NO
|
SISTEM ENDOKRIN
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
|||
1
|
Intoleransi panas
|
|
√
|
|
|||
2
|
Intoleransi dingin
|
|
√
|
|
|||
3
|
Goitar
|
|
√
|
|
|||
4
|
Pigmentasi kulit
|
√
|
|
Usia
|
|||
5
|
Perubahan rambut
|
√
|
|
Beruban
|
|||
6
|
Poliphagia
|
|
√
|
|
|||
7
|
Polidipsi
|
|
√
|
|
|||
8
|
Poliuri
|
|
√
|
|
|||
NO
|
SISTEM
CARDIOVASKULER
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
|||
1
|
Nyeri dada
|
|
√
|
|
|||
2
|
Palpitasi
|
|
√
|
|
|||
3
|
Sesak nafas
|
√
|
|
Asthma
|
|||
4
|
Dispnao deffort
|
|
√
|
|
|||
5
|
Dispnoe noktural
|
|
√
|
|
|||
6
|
Orthopnoe
|
|
√
|
|
|||
7
|
Murmur
|
|
√
|
|
|||
8
|
Edema
|
|
√
|
|
|||
9
|
Varises
|
|
√
|
|
|||
10
|
Perestesia
|
|
√
|
|
|||
11
|
Perubahan warna kulit
|
√
|
|
Usia
|
|||
NO
|
SISTEM GASTROINTESTERNAL
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
|||
1
|
Disphagia
|
|
√
|
|
|||
2
|
Nyeri ulu hati
|
|
√
|
|
|||
3
|
Mual atau muntah
|
|
√
|
|
|||
4
|
Hematenusis
|
|
√
|
|
|||
5
|
Perubahan nafsu makan
|
|
√
|
|
|||
6
|
Intoleransi makanan
|
|
√
|
|
|||
7
|
Ikterus
|
|
√
|
|
|||
8
|
Diare
|
|
√
|
|
|||
9
|
Konstipasi
|
|
√
|
|
|||
10
|
Perdarahan rektum
|
|
√
|
|
|||
11
|
Haemaroid
|
|
√
|
|
|||
|
|
|
|
|
|||
NO
|
SISTEM INTEGUMEN
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
|||
1
|
Lesi/luka
|
|
√
|
|
|||
2
|
Pruritus
|
|
√
|
|
|||
3
|
Perubahan pigmentasi
|
√
|
|
Usia
|
|||
4
|
Perubahan tekstur
|
√
|
|
Usia
|
|||
5
|
Perubahan nevi
|
|
√
|
|
|||
6
|
Sering memar
|
|
√
|
|
|||
7
|
Perubahan rambut
|
√
|
|
Beruban
|
|||
8
|
Perubahan kuku
|
√
|
|
Usia
|
|||
9
|
Pembenjolan tulang kalus
|
|
√
|
|
|||
NO
|
HEMOPOETIK
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
1
|
Perdarahan atau memar abnormal
|
|
√
|
|
2
|
Pembengkakan kelenjar limfe
|
|
√
|
|
3
|
Anemia
|
|
√
|
|
4
|
Riwayat transfusi darah
|
|
√
|
|
NO
|
SISTEM PERKEMIHAN
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
1
|
Disuria
|
|
√
|
|
2
|
Frekuwensi
|
|
√
|
|
3
|
Menetes
|
|
√
|
|
4
|
Ragu-ragu
|
|
√
|
|
5
|
Dorongan
|
|
√
|
|
6
|
Hematuria
|
|
√
|
|
7
|
Poliuria
|
|
√
|
|
8
|
Nokturia
|
|
√
|
|
9
|
Oliguria
|
|
√
|
|
10
|
Inkonentia
|
|
√
|
|
11
|
Batu
|
|
√
|
|
12
|
Infeksi
|
|
√
|
|
|
|
|
|
|
NO
|
MUSKULOSKELETAL
|
YA
|
TIDAK
|
KETERANGAN
|
1
|
Nyeri persendian
|
√
|
|
Usia
|
2
|
Kekakuan
|
√
|
|
Usia
|
3
|
Pembengkakan sendi
|
|
√
|
|
4
|
Defarmitas
|
|
√
|
|
5
|
Spasme
|
|
√
|
|
6
|
Kelemahan otot
|
√
|
|
Usia
|
7
|
Masalah cara berjalan
|
|
√
|
|
8
|
Nyeri pinggang
|
|
√
|
|
9
|
Protesi
|
|
√
|
|
F. Pengkajian Fungsional pada Lansia
1.
Katz Indeks
Klien Ny. U termasuk ke dalam kategori A. yaitu :
a.
Mandiri dalam makan,
kontinesia, menggunakan pakaian, pergi ke toilet, berpindah tempat dan mandi.
PENGKAJIAN
FUNGSIONAL PADA LANSIA
1. Psikososial
Kemampuan
sosial klien : Klien dapat bersosialisasi dengan tetangganya.
2. Identifikasi
masalah emosional
Klien
tidak mengalami masalah emsional
3. Spiritual
Klien
dapat menjalankan ibadahnya kepada Allah SWT.
NO |
KRITERIA
|
DENGAN BANTUAN
|
MANDIRI
|
KETERANGAN
|
1
|
Makan
|
|
10
|
Frekuensi :
2-3x
Jumlah : 1/2
porsi
Jenis : Nasi,
sayur, tempe.
|
2
|
Minum
|
|
10
|
Frekuensi : 5-6
gls
Jumlah : 2000 L
Jenis : air
putih
|
3
|
Berpindah dari kursi ke tempat tidur
|
|
10
|
|
4
|
Personal toilet
|
|
5
|
Frekuensi :
1x/hari
|
5
|
Keluar masuk toilet
|
|
5
|
|
6
|
Mandi
|
|
15
|
Frekuensi :
2x/hari
|
7
|
Jalan di permukaan datar
|
|
5
|
|
8
|
Naik turun tangga
|
5
|
|
|
9
|
Menggunakan pakaian
|
|
10
|
|
10
|
Kontrol bowel (BAB)
|
|
10
|
Frekuensi :
1x/hari
Konsistensi :
padat
|
11
|
Kontrol bowel (BAK)
|
|
10
|
Frekuensi :
6-7x/hari
Warna : Kuning
keruh
Jumlah : 1500
ml
|
12
|
Olah raga/latihan
|
5
|
|
Frekuensi :
tidak pernah
Jenis : -
|
13
|
Rekreasi pemanfaatan waktu luang
|
5
|
|
Frekuensi : -
Jenis : Nonton
TV.
|
Total Score
|
15
|
90
|
|
Ketergantungan sebagian = 105
PENGKAJIAN STATUS MENTAL
- SPMSQ (Skor Portable Mental Quesioner)
NO
|
PERTANYAAN
|
BENAR
|
SALAH
|
KETERANGAN
|
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
|
Tanggal berapa
hari ini ?
Hari apa
sekarang ?
Apa nama
tempat ini ?
Dimana alamat
anda ?
Berapa umur
anda ?
Kapan anda
lahir ?
Siapa presiden
Indonesia
sekarang ?
Siapa presiden
Indonesia
sebelumnya ?
Siapa nama ibu
anda ?
Kurangi 3 dari
20 ?
|
√
√
√
√
√
√
|
√
√
√
√
|
Lupa
Lupa
Tidak
tahu
Tidak
tahu
|
lTotal Score
|
|
|
|
Interprestasi
: B : Salah 4-5 Kerusakan intelektual
ringan
- MMSE ( Mini Mental Status Exam)
ASPEK KOGNITIF
|
NILAI MAX
|
NILAI KLIEN
|
KRITERIA
|
KET
|
Orientasi
waktu
|
5
|
5
|
Menyebutkan
dengan benar :
1.
Tahun
2.
Musim
3.
Tanggal
4.
Hari
5.
Bulan
|
|
Orientasi
ruang
|
5
|
5
|
Dimana kita
sekarang:
1.
Negara Indonesia
2.
Propinsi Jabar
3.
Kota Bandung
4.
Desa
5.
Rumah
|
|
Registrasi
|
3
|
3
|
Sebutkan nama
obyek yang telah disebutkan:
1.
Gelas
2.
Sendok
3.
Piring
|
|
Perhatian dan
kalkulasi
|
5
|
5
|
Minta Klien
menyebutkan angka 100-15 sampai 5x :
1.
85
2.
70
3.
55
4.
40
5.
25
|
|
Mengingat
kembali
|
3
|
3
|
Minta klien
untuk mengulangi 3 objek pada no.2 diatas :
1.
Gelas
2.
Sendok
3.
Piring
|
|
Bahasa
|
9
|
7
|
Tunjukan
klien, benda tanyakan apa nama :
-
Meja
-
Kursi
Minta klien untuk
mengulangi kata-kata tidak ada, jika, dan atau, tetapi.
-
Bila benar 1 point
Minta klien
untuk mengikuti perintah berikut terdiri dari 3 langkah :
1.
Ambil kertas ditangan anda
2.
Lipat
3.
Taruh dilantai
Perintahkan
klien dengan menutup mata klien, untuk point seperti no.1
-
Pensil
Perintahkan pada klien.
1.
Menulis 1 kalimat
2.
Menyalin 1 gambar
|
|
Scrore
|
|
28
|
|
|
PENGKAJIAN KESEIMBANGAN
UNTUK KLIEN LANSIA
I.
Perubahan posisi atau gerakan keseimbangan
1.
Bangun dari kursi
Ny. U sedikit menopang lututnya saat
bangun dari kursi
2.
Duduk ke kursi
Ny.
U tidak mengalami kesulitan saat hendak duduk ke kursi
3.
Menahan dorongan pada sternum
Ny.
U terlihat meringis saat pemeriksa mendorong sternum
4.
Mata klien tertutup dengan
pengkajian menahan dorongan pada sternum.
Ny. U merasakan sedikit pusing saat
membuka mata dan tidak dapat menahan dorongan pada sternum.
5.
Perputaran leher
Ny. U tidak merasakan kaku pada saat
memutarkan lehernya ke arah kiri dan kanan.
6.
Gerakan menggapai sesuatu
Ny. U tidak kesulitan saat disuruh
menggapai benda diatas lemari.
7.
Membungkuk
Ny. U tidak kesulitan saat disuruh
mengambil pensil yang berada di lantai
II.
Komponen Gaya Berjalan/Gerakan
1.
Klien tidak mengalami kesulitan
saat disuruh berjalan ke kamar yang berjarak + 2 meter.
2.
Ketinggian kaki saat melangkah
terlihat sedikit kaku
3.
Langkah kaki klien terlihat
konsisten saat berjalan.
4.
Saat klien melangkah, panjang
langkah kaki kanan dan kaki kiri klien terlihat sama.
5.
Pada saat berjalan, klien bisa
berjalan satu garis lurus.
6.
Pada saat berbalik arah, klien
berhenti terlebih dahulu untuk menjaga keseimbangannya.
PENGKAJIAN
STATUS MENTAL KLIEN LANSIA
1.
Penampilan Ny. U saat dilakukan pengkajian terlihat rapi dan sopan
2.
Interaksi saat wawancara cukup
aktif, Ny.U bisa mengikuti segala sesuatu yang diperintahkan tenaga kesehatan.
3.
Persepsi perawat terhadap Ny.U
adalah Ny.U cukup terlihat aktif saat pengkajian dan bisa diajak berkomunikasi
dengan baik walaupun ada yang terlupa.
4.
Konsep kehidupan menurut klien
adalah bahwa hidup itu untuk bekerja dan beribadah dan menjadi yang terbaik bagi
keluarga.
5.
Identifikasi kognitif dan
fungsi mental.
6.
Ny.Ubisa menyebutkan tempat
dimana ia berada sekrang dengan benar
7.
Ny.U tidak dapat menyebutkan
sekarang tanggal dan bulan berapa dengan tepat
8.
Ny.U bisa menyebutkan dengan
siapa saja dia sekarang tinggal dan dengan siapa dia berbicara.
9.
Ny.U tidak mengalami kesulitan
saat berbicara menggunakan bahasa Sunda.
ANALISA DATA
Nama : Ny.U
Umur : 70 tahun
NO
|
DATA
|
ETIOLOGI
|
MASALAH
|
1
|
DS :
Ø Klien mengeluh sesak nafas
DO :
Ø Frekwensi nafas 30x/menit
Ø Klien batuk berdahak dan sekret
sulit keluar
|
Spasme otot lunak
¤
Penurunan saturasi PaO2
¤
Peningkatan FRC
¤
Peningkatan produksi mukus
¤
O2 dalam darah berkurang
|
Gangguan pertukaran O2
|
2.
|
DS:
Ø Klien mengatakan tidak bisa
tidur
DO :
Ø Tidur klien 4-5 jam/hari
Ø Terdapat lingkaran hitam pada
palpebra bawah
Ø Klien batuk saat akan tidur
|
Peningkatan frekwensi nafas dengan adanya
batuk
¤
Merangsang susunan saraf otonom untuk
mengaktifkan norepineprine
¤
Saraf simpatis terangsang untuk
mengaktivkan organ tubuh
¤
REM menurun
¤
Klien terjaga
|
Gangguan
pola istirahat tidur
|
3
|
DS :
Ø Klien mengatakan batuk terus
menerus
DO :
Ø Klien nampak batuk terus menerus
Ø Adanya produksi sputum
|
Adanya peningkatan produksi mucus
¤
Sekret terakumulasi di jalan nafas
¤
Mukus adalah media yang cocok untuk
berkembang biaknya bakteri
|
Potensial
terjadinya infeksi
|
4
|
DS :
Ø Klien mengatakan khawatir dengan
penyakitnya
DO :
Ø Klien nampak cemas
|
Kurang informasi tentang penaykitnya
¤
Klien cemas
|
Gangguan
rasa aman : cemas
|
SKALA PRIORITAS
I. ASTHMA BRONCHIALE Pada Ny. U
1.
Ketidaksanggupan keluarga mengenal masalah ashma berhubungan
dengan kurangnya pengetahuan keluarga mengenai teknik penguapan penyakit asthma
NO
|
KRITERIA
|
PERHITUNGAN
|
SKOR
|
PEMBENARAN
|
1
|
Sifat masalah ancaman kesehatan.
|
2/3 x 1
|
2/3
|
Ancaman kesehatan yang
memerlukan tindakan yang cepat dan tepat untuk menghindari bahaya lebih
lanjut.
|
2
|
Kemungkinan dapat diubah dengan
mudah
|
2/3 x 2
|
2
|
Dengan mudah sumber dan tindakan
untuk memecahkan masalah dapat dijangkau oleh keluarga, kesadaran dan
motivasi dari keluarga sudah cukup kuat.
|
3
|
Potensial masalah untuk dicegah
tinggi
|
3/3 x 1
|
1
|
Tinggi, kesulitan masalah mudah
untuk diatasi anggota keluarga mendukung dan peduli terhadap anggota keluarga
yang sakit.
|
4
|
Menonjolnya masalah : Masalah
berat harus ditangani.
|
1/2 x 1
|
½
|
Masalah berat harus ditangani
keluarganya menyadari dan perlu segera mengatasi masalah tersebut.
|
|
|
Jumlah
|
3 ½
|
|
2.
Ketidaksanggupan keluarga dalam mengambil keputusan yang
tepat dalam melakukan pengobatan ashma berhubungan dengan keluarga tidak
memahami tentang pengertian,penyebab,tanda dan gejala penyakit asthma
NO
|
KRITERIA
|
PERHITUNGAN
|
SKOR
|
PEMBENARAN
|
1
|
Sifat masalah ancaman kesehatan.
|
2/3 x 1
|
2/3
|
Ancaman kesehatan yang
memerlukan tindakan yang cepat dan tepat untuk menghindari bahaya lebih
lanjut.
|
2
|
Kemungkinan dapat diubah hanya
sebagian
|
1/2 x 2
|
1
|
Hanya sebagian sumber dan
tindakan untuk memecahkan masalah dapat dijangkau oleh keluarga, tetapi
memerlukan kesadraan yang kuat dalam waktu yang cukup lama.
|
3
|
Potensial masalah untuk dicegah
cukup
|
2/3 x 1
|
2/3
|
Cukup, masalah sudah berlangsung
cukup lama, anggota keluarga mendukung dan peduli terhadap anggota keluarga
yang sakit.
|
4
|
Menonjolnya masalah-Masalah
berat harus ditangani.
|
1/2 x 1
|
1
|
Masalah berat harus ditangani
keluarganya menyadari dan perlu segera mengatasi masalah tersebut.
|
|
|
Jumlah
|
3 1/6
|
|
Prioritas Masalah
1.
Kebersihan jalan nafas tidak
efektif sehubungan dengan penumpukan sekret pada jalan nafas.
2.
Gangguan rasa nyaman cemas
sehubungan dengan kurangnya pengetahuan mengenai penyakitnya.
3.
Gangguam istirahat + tidur
sehubungan dengan sesak nafas.
PERENCANAAN ASUHAN
KEPERAWATAN KELUARGA
Nama : Ny. U
Umur : 70 th
No.
|
Diagnosa
Keperawatan
|
Tujuan
|
Intervensi
|
Rasional
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Kebersihan
jalan nafas tidak efektif sehubungan dengan penumpukan sekret pada jalan
nafas dengan ditandai:
-
Pasien mengeluh sesak.
-
Nafas tidak teratur.
-
Respirasi : 28x / mnt .
|
Gangguan
jalan nafas efektif dengan kriteria jangka pendek :
-
Pasien mampu mengeluarkan
sekret dengan mudah.
-
Penumpukan sekret berkurang.
-
Pasien tidak mengeluh sasak
nafas jangka panjang.
-
Pasien tidak sesak lagi.
|
-
Bantu Pasien untuk mengatur
posisi yang nyaman atau semi flower lingkungan yang bersih + jauh dari
polusi.
-
Bantu pasien untuk batuk
efektif dan tarik nafas panjang.
- Beri penyuluhan mengenai tekhnik penguapan
|
Dengan
memberikan / mengatur posisi yang nyaman agar dapat bernafas dengan lega.
-
Batuk efektif dan bernafas
panjang untuk mengeluarkan dahak + melegakan pernafasan.
-
Menjaga keseimbangan intake
output cairan.
-
Dapat melegakan jalan nafas
dan dapat bernafas dengan nyaman.
|
2
|
Gangguan rasa
nyaman dan cemas sehubungan dengan kurangnya pengetahuan tentang penyakitnya
yang di tandai :
-
OS terlihat cemas.
-
OS terlihat murung.
|
Gangguan rasa
nyaman teratsi dengan kriteria jangka pendek :
-
Pasien yakin penyakitnya akan
sembuh.
-
Pasien mengetahui akan
penyakitnya jangka panjang.
-
Pasien merasa tenang dalam
menghadapi penyakitnya.
|
1.
Berikan penjelasan pada
pasien secara sopan tentang penyakit yang sedang di derita.
2.
Berikan penjelasan bahwa
penyakitnya akan berkurang sedikit demi sedikit dengan pengobatan yang
teratur.
3.
Berikan motivasi dan
perhatian atas segala usaha yang dilakukan pasien untuk kesembuhannya.
4.
Anjurkan pada pasien untuk
menghindari faktor-faktor pencetus kambuhnya kembali penyakitnya.
|
-
Mengetahui penyakit
memudahkan dimasukan keperawatan yang sesuai.
-
Mengetahui penyakit upaya +
upaya penyembuhan berlangsung dengan baik.
-
Dapat mengurangi cemas DS.
-
Dapat menghindari kambuh
kembali penyakitnya.
|
3.
|
Gangguan istirahat dan tidur
sehubungan dengan seak nafas.
|
Gangguan istirahat dan tidur
teratasi dengan kriteria:
-
Jangka pendek, pasien dapat
istirahat.
-
Jangka panjang, Os dapat
istirahat dan tidur dengan teratur.
|
-
Ciptakan suasana ruangan yang
nyaman.
-
Rapihkan dan bersihkan tempat
tidur setiap hari.
-
Atur posisi yang aman untuk
pasien beristirahat dan tidur.
|
-
Mengurangi kegaduhan agar
dapat menambah ketegangan pasien.
-
Menciptakan kenyamanan
istirahat dan tidur.
-
Mengatur dosis supaya dapat
istirahat dan tidur dengan nyenyak.
|
IMPLEMENTASI DAN EVALUASI
ASUHAN KEPERAWATAN PADA Ny.U
Nama : Ny.U
Umur : 70 th
NO
|
DIAGNOSA
KEPERAWATAN
|
IMPLEMENTASI
|
EVALUASI
|
PARAF
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
1.
|
Gangguan kebersihan
jalan tidak efektifsehubungan penumpikan pada jalan sekret yang di tandai:
-
Os mengeluh sulit bernafas
-
Batuk berdahak
-
Nafas tidak teratur
-
Respirasi 28x/menit
|
-
Membantu Os untuk mengatur
posisi yang nyaman/semi fowler lingkungan yang bersih dan jauh dari polusi
serta udara yang berlebihan .
-
Membantu untuk batuk efektif
dan dan menarik nafas panjang.
-
Melakukan teknik penguapan.
|
-
Sesak nafas berkurang.
-
Os, mampu mengeluarkan sekret
dengan mudah.
-
Penumpukan sekret berkurang.
|
|
2.
|
Gangguan rasa
nyaman sehubungan dengan kurangnya pengetahuan pasien tentang penyakitnya.
Dengan kriteria:
-
Os terlihat cemas
-
Os terlihat murung.
|
-
memberikan penjelasan kepada
pasien secara spontan tentang penyakit yang di deritanya.
-
Memberikan penjelasan pada
pasien bahwa penyakitnya dapat sembuh dengan pengobatan secara teratur .
-
Memberikan motivasi dan
dorongan atas segala usaha yang di lakukan pasien untuk kesembuhannya.
-
Menganjurkan pada pasien agar
menjaga faktor-faktor dan cetus kembali kambuh penyakitnya.
|
-
Pasien mengerti dan
mengetahui tentang penyakit yang di alaminya.
-
Pasien merasa yakin
penyakitnya akan sembuh.
-
Pasien merasa tenang.
|
|
3.
|
Gangguan
istirahat tidur sehubungan dengan sesak nafas.
|
-
Menciptakan suasana ruangan
yang tenang dan nyaman.
-
Merapihkan dan membersihkan
tempat tidur setiap hari.
-
Mengatur posisi yang nyaman
untuk istirahat dan tidur yang nyaman.
|
-
Os dapat istirahat dan tidur
secara teratur
-
Os dapat tidur dengan nyenyak
|
|
DAFTAR PUSTAKA
Bailon, S.G.
dan Maglaya, A. S. (1989). Perawatan
Kesehatan Keluarga. Terjemah Pusdiknakes RI. Jakarta
: Depkes RI.
Departemen
Kesehatan RI (1995). Tata Cara Pelayanan Asuhan Kesehatan Puskesmas. Jakarta : Depkes.
Engram,
Barbara. Alih Bahasa YIAPK Bandung.
Rencana Asuhan Keperawatan Medikal Bedah. EGC. Jakarta 1999.
Effendy. N.
(1998). Dasar-dasar Keperawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta : EGC.
Friedman, M. M.
(1998). Keperawatan Keluarga, Jakarta
: EGC.
Persatuan
Penyakit Dalam (1999). Ilmu Penyakit dalam Jilid II. Jakarta : FKUI.
No comments :
Post a Comment