follow me for get something special from me

Saturday, 21 April 2012

Cara Membuat Efek Marquee

Sebenarnya pada kesempatan kali ini saya akan membahsa tentang cara membuat head line news seperti punya saya yang berada dibawah (yang jalan dari kiri ke kanan itu loh) Tahu kan?? Heheh
Tapi kayanya kurang pas kalau saya nggak menjelaskan dasar-dasar nya dahulu. (dasar-dasar?? kaya udah jago aja ni) Heheh

Buat sobat blogger yang udah master tolong kasih tahu saya yah kalau ada kesalahan dalam memberikan tips ini. Okeh?? Okedaaaah. Lanjuuuuut kalau gitu.

Terus dasarnya apa??? pasti sobat blogger bertanya-tanya, hehe. Dasarnya nggak lain dan nggak bukan ialah Marquee. Anda tahu apa itu marquee?? Pasti sobat blogger yang sudah lama berkecimpung dalam dunia blogging udah pada tahu semua, apa itu marquee?? kalau menurut saya, Marquee adalah suatu printah dalam program HTML yang berfungsi untuk membuat teks bisa bergerak atau berjalan.
Contoh :


Marquee berjalan Kanan ke kiri


Bagaimana?? sudah punya gambaran tentang marquee kan???
Untuk bisa menghasilkan marquee seperti diatas, maka script nya seperti ini.

<marquee align="center" direction="right" scrollamount="2" width="30%" height="200">
Marquee berjalan Kanan ke kiri
</marquee>
Untuk efek marquee yang berjalan ke kiri dan ke kanan, script nya seperti ini.

<marquee align="center" direction="left" scrollamount="3" behavior="alternate" width="50%" height="200">
Bergerak ke kiri dan ke kanan
</marquee>
Kalau sobat blogger mau memberi efek warna pada background, script nya seperti ini.
<div align="left"><span><b><marquee scrollamount="3" behavior="alternate" bgcolor="RED" width="50%">
Marquee dengan efek warna
</marquee></b></span><b></b></div>

Marquee dengan efek warna


Dan efek marquee yang terakhir yang saya tahu ialah efek marquee yang ketika mouse berada pada area teks, maka teks akan berhenti dan ketika mouse di geser kembali ketempat lain maka teks akan bergerak kembali. Pokonya kaya gitu lah sob, bingung saya jelasain nya, hehehe
Lebih jelasnya coba sobat blogger arahkan mouse ke teks di bawah ini,
<marquee onmouseover="this.stop()" onmouseout="this.start()" scrollamount="2" direction="up" align="center" width="50%" height="100">
Tunjuk saya please
</marquee>

Tunjuk saya please


Mmmm,
kayanya cukup sampai disini aja yah penjelasan tentang efek marquee nya, selebihnya sobat blogger bisa mengembangkan nya sendiri. Okeh.

Selamat Mencoba
Post a Comment